Satu Tindakan Seribu Manfaat

Satu Tindakan Seribu Manfaat


KKN Tematik adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada Mahasiswa ditengah masyarakat di luar kampus. Secara lansung dapat membantu masyarakat di dalam pembangunan dan membantu menangani masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. Selain pengertian di atas adapun tujuan KKN Tematik yaitu memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang kegiatan pembangunan, khususnya pembangunan di pedesaan. Selain itu ada pula memperluas wawasan mahasiswa, menjalankan nalar mahasiswa, dan pola berpikir mahasiswa dan kepribadian mahasiswa.


Salah satu kegiatan rutin atau inti di dalam KKN Tematik ini, khususnya kelompok 37 yang kebetulan di tempatkan di Desa Tlangoh Dusun Mandala, Pondok Pesantren (Kyai Hafifi). Kegiatan rutin tersebut yaitu koordinasi antar anggota atau yang sering disebut dengan kegiatan internal. Kelompok KKN 37 memulai kegiatan internalnya pada tanggal 15 Juli 2016. Saat itu kegiatan internal pertama kali yang dilakukan oleh kelompok 37. Kegiatan internal berupa rapat koordinasi antar anggota, pembagian jobs disk atau penanggung jawab, jadwal beribadah, memasak dan berolahraga.


Kegiatan internal di atas merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh anggota kelompok KKN Tematik 37. Lokasi rapat dan koordinasi antar anggota sering dilakukan di Mushola Pondok Pesantren. Kegiatan rapat sering dilakukan pada pukul 20.00 – 22.00. Banyak sekali hal yang dibahas dalam rapat koordinasi kegiatan internal, salah satunya yaitu koordinasi penanggung jawab untuk kerja bakti Pondok Pesantren, silaturahmi setiap Dusun khususnya Dusun Mandala Desa Tlangoh. Kegiatan rapat berisi tentang agenda persiapan kegiatan yang akan dilakukan  serta evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan. Selain itu kelompok KKN 37 sering mengadakan rapat saat waktu luang. Kegiatan rapat lainnya sering dilakukan pada siang hari secara kondisional sesuai dengan kebutuhan yang memungkinkan untuk melaksanakan rapat.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Ach Yasir Rofiqi, Published at 10:16 AM and have 0 comments