Tortilla Chip Tlangoh super nikmat

Tortilla Chip Tlangoh super nikmat

Jagung merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki berbagai kandungan gizi seperti karbohidrat, protein dan jagung juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan gizi yang terdapat dalam jagung tersebut sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, jagung merupakan salah satu jenis tanaman serelia yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan memiliki banyak peluang untuk dikembangkan. Hal ini didukung dengan banyaknya olahan-olahan jagung yang semakin variatif dan inovatif seperti pembuatan selai jagung, manisan jagung, dodol jagung, tortilla chips, serta aneka olahan jagung yang lainnya.
Dari berbagai macam olahan jagung tersebut, tortilla chips sangat menarik perhatian team KKN 37  karena selain bahan baku yang mudah dicari, kaya akan nutrisi, tortilla chips ini juga amat digemari oleh berbagai kalangan, terutama kalangan remaja dan anak-anak. Hal tersebut dikarenakan tortilla ini memiliki tekstur yang renyah dan cocok untuk digunakan sebagai camilan sehari¬-hari. Kata tortilla berasal dari bahasa Spanyol yang memiliki arti jagung. Tortilla chips juga sangat populer di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Untuk di Indonesia sendiri,
DESA Tlangoh Rata-rata penduduknya bermata pencarian sebagai Petani walaupun desa Tlangoh dekat dengan laut akan tetapi penduduknya kebanyakan petani,  kebanyakan petani di desa Tlangoh bercocok tanam padi dan jangung oleh karena itu di desa Tlangoh tanaman jagung sangat melimpah, sehingga bahan baku untuk membuat tortila sangat  gampang dan berpotensi menguntungkan di karnakan bahan baku yang mudah didapat.



Manfaat jagung bagi kesehatan

Mengandung kalori tinggi
Jagung manis mengandung 86 kalori per 100 g, biji jagung manis cukup tinggi gula dan kalori dibandingkan dengan sayuran lainnya. Namun, jagung segar jauh lebih rendah kalori daripada keluarga jagung lainnya seperti gandum, beras, dll.  Kalori jagung manis terutama berasal dari karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa,  dibandingkan gula kompleks seperti amilosa dan amilopektin seperti pada sereal. Jagung manis adalah sereal bebas gluten,  dan dapat digunakan dengan aman seperti halnya beras dll.

Mengandung serat tinggi
Jagung manis memiliki profil gizi yang berkualitas tinggi yang terdiri dari serat makanan, vitamin, antioksidan selain mengandung cukup mineral. Jagung manis adalah salah satu sumber serat terbaik, 100 g biji jagung manis menyediakan 2 g atau sekitar 5% dari kebutuhan serat makanan harian.Dengan lambatnya usus untuk mencerna mencerna karbohidrat kompleks, jumlah moderat serat dalam jagung manis akan mengatur peningkatan bertahap tingkat gula darah. Namun, jagung, seperti halnya dengan nasi, kentang, dll, adalah salah satu makanan tinggi glikemik, sehingga tidak cocok sebagai bahan makanan utama pada pasien diabetes
Mengandung senyawa kimiawi penting
Warna Kuning pada jagung manis adalah pigmen fenolik flavonoid tinggi, bermanfaat sebagai antioksidan seperti beta-karoten, lutein, xanthins dan pigmen cryptoxanthin dengan vitamin A. 100 g biji jagung manis segar menyediakan 187 IU atau 6% dari kebutuhan vitamin-A harian. Secara keseluruhan, senyawa ini diperlukan untuk menjaga kesehatan membran lendir, kulit dan penglihatan. Konsumsi makanan alami yang kaya akan flavonoid akan membantu melindungi dari kanker paru dan kanker rongga mulut.
Sumber antioksidan yang baik
Jagung merupakan sumber yang baik antioksidan fenolik flavonoid dan asam ferulat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam ferulat berperan penting untuk mencegah kanker, penuaan, dan peradangan pada manusia.
Mengandung vitamin B Kompleks
Jagung manis juga mengandung beberapa nutrisi penting dari kelompok vitamin B-kompleks, seperti thiamin, niacin, asam pantotenat, folat, riboflavin, dan piridoksin. Vitamin-vitamin ini berfungsi sebagai kofaktor untuk enzim sselama metabolisme substrat.
Kaya mineral penting
Jagung manis mengandung jumlah yang sehat beberapa mineral penting seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan.

Kandungan gizi
Kandungan gizi Jagung /100 gram bahan:
a. Kalori : 355 Kalori
b. Protein : 9,2 gr
c. Lemak : 3,9 gr
d. Karbohidrat : 73,7 gr
e. Kalsium : 10 mg
f. Fosfor : 256 mg
g. Ferrum : 2,4 mg
h. Vitamin A : 510 SI
i. Vitamin B1 : 0,38 mg
j. Air : 12 gr

Pembuatan tortilla chips
Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan tortilla chips terdiri dari 100 gram jagung pilihan, 300 gram tepung terigu, 3 sdm tepung maizena, 3 suing bawang putih, baking powder, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Proses pertama dalam pembuatan tortilla chips:
1. Penyortiran jagung
Proses ini bertujuan untuk memisahkan jagung dari kotoran-kotoran yang ada, seperti batu kerikil, debu, dan kotoran-kotoran yang lain.
2. Penimbangan
Proses ini dilakukan dengan cara menimbang jagung dengan menggunakan alat ukur berupa timbangan.
3. Perendaman jagung pertama
Proses ini dilakukan dengan cara merendam jagung di wadah (baskom) dengan menggunakan air yang bersih selama 1 hari 1 malam.
4. Perebusan dengan menggunakan air kapur
Proses ini menggunakan air kapur (Niktamalisasi) dengan persentase sekitar 2-4% dari berat jagung. Perebusan dilakukan selama ±2 jam. Tujuan dari proses ini ialah untuk menghancurkan kulit ari sehingga memudahkan penetrasi air dan panas ke dalam jagung.
5. Perendaman jagung kedua
Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kapur yang masih tersisa dalam jagung.
6. Perebusan dengan menggunakan air
Proses ini bertujuan untuk lebih memperlunak tekstur jagung sehingga mempermudah pemprosesan selanjutnya, yaitu pemblenderan atau penghalusan.
7. Proses pemblenderan atau penm  ghalusan
Proses ini menggunakan alat bantu berupa blender.
8. Penghalusan bumbu
9. Pencampuran adonan
Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan tortilla chips ini dicampur secara merata, lalu diaduk-aduk hingga adonan berubah menjadi halus dan lembut.
10. Pencetakan adonan
11. Penggorengan
Proses ini menggunakan kompor dengan api sedang dan diangkat ketika adonan telah matang lalu kemudian ditiriskan.
12. Penambahan bumbu atau perasa
Penambahan bumbu ini dapat berupa bumbu balado, pedas, dan original.

Pembuatan tortilla chips ini sangat banyak manfaatnya buat warga desa Tlangoh dimana selain meningkat prekonomian warga sekitar juga dapat mengurangi rasio warga yang ingin jadi TKI. Tortilla chips ini bisa menambah pendapatan masyarakat dikarnakan bahan baku yang murah dengan penjualan yang tinggi bisa menghasilkan keuntungan yang besar, dengan potensi tersebut bisa di jadikan solusi untuk menagani warga sekitar berhenti jadi TKI,




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Ach Yasir Rofiqi, Published at 9:28 AM and have 0 comments