Wednesday, January 24, 2018

Kemurnian Trasi Udang Tlangoh

        Terasi adalah salah satu bahan makanan yang sudah tak asing lagi di telinga semua orang, terlebih lagi bagi para manusia yang berpenghuni di madura, lebih khusunya bagi mereka yang hidup di sekitar pesisir pantai. Salah satu bahan makanan ini sangat bervariatif dipasangkan sebagai pelengkap bahkan menjadi bahan dasar untuk suatu makanan, salah satunya sambal terasi, krupuk terasi, serta campuran rujak bahkan gorengan. Terasi juga mempunyai banyak versi dalam rasa dan pembuatannya, ada terasi udang, terasi ikan, bahkan ada terasi yang campuran.
          Tlangoh adalah salah satu desa yang sebagian warganya hidup di sekitar pesisir pantai, sebagian dari mereka memang sudah mempunyai mata pencaharian melaut atau majheng (bahasa Madura), ketika melaut pun hasil tangkapan yang mereka dapatkan sangatlah bermacam-macam, ada udang, lobster, kepiting, ikan besar, ikan kecil, dan makanan yang memang berciri khas lautan. Salah satu bahan laut yang masih perlu diolah adalah udang kecil, biasa disebut udang rebon oleh masyarakat pada umumnya, bagi mereka udang adalah udang yang nantinya akan diolah menjadi terasi.



       Tlangoh merupakan salah satu desa yang berpotensi menjadi desa pembuat terasi terbesar di kabupaten Bangkalan, sebagian warga yang melaut merangkap menjadi pembuat terasi, biasanya ini dilakukan oleh para ibu yang mempunyai suami seorang nelayan. Namun, banyak pula dari mereka yang membeli bahan dasar terasi (udang) dari para nelayan. Produksi terasi di Tlangoh tidak berpusat pada satu tempat produksi, tetapi kebanyakan mereka memproduksinya secara individual (home industry), jadi setiap hasil terasi bisa didapatkan di berbagai tempat yang berbeda. Namun, meskipun berbeda tempat, terasi tlangoh ini tetap satu rasa, satu kualitas, dan satu progresifitas, karena semua pembuat terasi sudah sepakat bahwa pembuatan terasi tlangoh ini tidak boleh dicampur dengan bahan apapun, jadi bahan dasarnya adalah udang dan garam, tidak menggunakan bahan pengawet berbahaya apapun, dan tidak boleh ada campuran lain, karena itu akan menjadi ciri khas bagi terasi Tlangoh ini, meski mereka belum memikirkan bentuk, dan pemasaran dalam bentuk luas, semangat mereka tak akan pernah turun untuk memproduksi terasi ini, karena mereka yakin kualitas dan rasa adalah prioritas utama bagi mereka serta konsumen.


         Udang yang mereka gunakan untuk bahan dasar terasi bermacam ukuran, ada yang kiloan, bahkan ton-an. Sedangkan ukuran terasi yang telah siap dipasarkan, hanya dalam ukuran 200 gram hingga 1 kilo, mereka belum mampu memodifikasi bentuk sehingga penjualan pun menjadi sangat terbatas. Pembuatan terasi ini masih tergolong tradisional atau masih menggunakan cara alami, yakni memakai tangan, karena menurut mereka jika dibentuk dengan mesin cetak, mereka khawatir akan berefek pada cita rasa terasi itu sendiri, begitu pula dengan bentuknya. Namun, dengan pembuatan yang masih menggunakan cara sederhana itulah, membuat mereka masih kental dan berusaha mempertahankan kearifan lokal, menjadikan ciri khas dan nilai jual lebih tinggi bagi desa, pengembangan masyarakat, serta pemanfaatan budidaya alam yang baik.

1 komentar:

  1. KABAR BAIK

    Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete